Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Beri Sinyal Harga BBM Bakal Naik Februari

Sultan Ibnu Affan
29 January 2024 15:36

Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina Patra Niaga mengkaji kemungkinan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi di tingkat nasional pada Februari 2024. Jika terjadi, ini akan menjadi kenaikan pertama setelah harga Pertamax dkk turun tiap awal bulan sejak November 2023 hingga Januari tahun ini.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan perseroan masih melakukan pengkajian ulang untuk menentukan harga BBM nonsubsidi, sesuai dengan formulasi ketentuan harga berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 62.K/12/MEM/2020.

"Ini masih kami tinjau terkait dengan tren MOPS [Mean of Platts Singapore], kurs, dan pajak juga," ujar dia saat dimintai konfirmasi, Senin (29/1/2024), sembari memastikan harga BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar tidak akan mengalami perubahan.

Namun, peluang kenaikan harga BBM nonsubsidi pada bulan depan juga besar kemungkinan terjadi, seiring dengan melonjaknya harga minyak dunia imbas konflik Laut Merah yang kian memanas.

Walhasil, minyak mentah Brent terkerek naik sebanyak 1,3% menjadi US$84,62/barel pada awal perdagangan di Asia hari ini, sementara West Texas Intermediate (WTI) naik menuju US$79 per barel.