Logo Bloomberg Technoz

Viral Salam 4 Jari, Ganjar Sebut Tunggu Usai Pencoblosan Pemilu

Redaksi
29 January 2024 13:35

Slank resmi arahkan dukungan untuk Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. (Dovana Hasiana/Bloomberg Technoz)
Slank resmi arahkan dukungan untuk Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. (Dovana Hasiana/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo menyambut positif kampanye dan aksi viral 'salam 4 jari' di media sosial. Meski demikian dia memastikan belum ada kesepakatan akan bergabungnya para pengusung dan paslon 01 (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) dengan 03 (Ganjar Pranowo-Mahfud MD).

"Belum lah. Kan Pemilu masih 14 Februari [2024], kita tunggu. Baru setelah itu kita bicara. Kita tak tergesa-gesa," ujar Ganjar kepada wartawan dikutip usai Kampanye Akbar di Yogyakarta, Minggu (28/1/2024).

Sebelumnya, sebuah gerakan mulai merebak di media sosial menjelang pemungutan suara Pemilu 2024. Salah satunya adalah kampanye 'salam 4 jari' yang mengajak para pemegang hak pilih untuk memberikan suara pada Paslon 01 atau 03.

Kelompok pemilih ini menolak memberikan suara kepada pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Padahal, berdasarkan sejumlah survei, pasangan yang mendapat dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini sudah mengantongi elektabilitas lebih dari 40%.

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo & Anies Baswedan saat debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024).(Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Kampanye 'salam 4 jari' berupaya mencegah Prabowo-Gibran memenangkan Pemilu 2024 dalam satu putaran. Gerekan ini pun kerap dianggap sebagai lanjutan dari isu akan bersatunya kekuatan partai dan pendukung 01 dan 03 usai hari pencoblosan.