Logo Bloomberg Technoz

3 Tahun Naik Terus, Bunga KPR di AS Diproyeksi Turun Tahun Ini

News
29 January 2024 09:00

Ilustrasi investasi properti. (Envato/ijeab)
Ilustrasi investasi properti. (Envato/ijeab)

Natalie Wong dan Prashant Gopal - Bloomberg News

Bloomberg, Suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR)  di Amerika Serikat diproyeksi menurun tahun ini, sehingga memicu optimisme terhadap terpuruknya pasar real estat, menurut survei terbaru Bloomberg Markets Live Pulse.

Suku bunga tetap (fix rate) untuk KPR bertenor 30 tahun diperkirakan turun menjadi 5,5% pada akhir tahun ini, menurut median dari 236 responden. Angka tersebut akan turun lebih dari satu poin persentase penuh dari level saat ini sekitar 6,69%, dan merupakan penurunan tahunan pertama setelah kenaikan selama tiga tahun berturut-turut.

Biaya kredit yang tinggi telah menyebabkan penjualan rumah bekas merosot ke level terendah dalam hampir tiga dekade. Hal ini telah mendorong pembeli untuk mengesampingkan rencana membeli rumah dan menyebabkan banyak pemilik menunda mendaftarkan properti mereka untuk dijual.

Namun, dengan adanya sinyal dari Federal Reserve mengenai potensi penurunan suku bunga tahun ini, terdapat konsensus yang makin besar bahwa bunga pinjaman akan berkurang, sehingga membantu mendorong 57% responden melihat real estat sebagai investasi yang lebih menarik tahun ini dibandingkan dengan 2023.

Outlook real estat AS./dok. Bloomberg