Logo Bloomberg Technoz

Bos Freeport Klaim Bertemu Jokowi Bahas Relaksasi Ekspor Tembaga

Sultan Ibnu Affan
28 January 2024 09:30

Dok. Freeport Indonesia
Dok. Freeport Indonesia

Bloomberg Technoz, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Freeport-McMoRan Inc. Richard Adkerson mengungkapkan bahwa dirinya telah beberapa kali berbicara dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait permintaan relaksasi izin ekspor konsentrat tembaga hingga melewati Mei 2024.

"Saya sudah berbicara dalam beberapa bulan terakhir, setidaknya tiga kali secara langsung dengan Presiden [Jokowi] mengenai hal ini," ujar Richard dalam konferensi pers kuartal 4 FCX, dikutip secara virtual pada Minggu (28/1/2023).

Dia tak memerinci waktu dan lokasi pertemuan itu dilakukan. Namun belakangan, Richard sempat turut menghadiri acara peresmian ekspansi smelter tembaga PT Smelting pada medio Desember tahun lalu.

Peresmian smelter yang juga dimiliki oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) itu dilakukan oleh Jokowi, yang juga didampingi beberapa Menterinya.

Richard mengatakan, Jokowi bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tarif pun telah memahami ihwal maksud permohonan perusahaan untuk meminta perpanjangan izin ekspor tersebut, yakni sebelum peningkatan produksi Smelter Manyar Gresik yang dapat beroperasi penuh pada Desember tahun ini.