Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Saling Serang Antara Tom Lembong & Luhut-Bahlil

Pramesti Regita Cindy
27 January 2024 15:30

Tangkapan layar Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok: Instagram/@luhut.pandjaitan)
Tangkapan layar Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok: Instagram/@luhut.pandjaitan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perseteruan antara Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas Amin) Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives), Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjadi sorotan tersendiri.

Serangan ini bermula dari calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka berulang kali menyebut nama Tom Lembong saat menanggapi Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam debat kedua cawapres, Minggu (21/1/2024). 

Gibran bahkan turut mempertanyakan apakah Cak Imin pernah berdiskusi dengan Tom Lembong terkait industri Nikel nasional. Saat itu, Gibran menjelaskan perihal LFP (Lithium Ferro-Phosphate) yang merupakan bagian dari pertanyaannya ke cawapres nomor urut 1, Cak Imin. 

"Saya enggak tahu, ya, Pak Tom Lembong dan timsesnya sering diskusi dengan cawapresnya, masa cawapresnya enggak paham. Aneh, lho!" ucapnya.

"Saya jelaskan sekali lagi Lithium Ferro Phosphate itu adalah alternatif dari nikel. Intinya ada negara yang enggak mau pakai nikel. Itu, Gus, yang saya maksud. Apakah Gus Muhaimin anti nikel juga seperti Pak Tom Lembong?" tanya Gibran.