Logo Bloomberg Technoz

Tim Hukum Amin Ikut Anies, tak Lapor Bawaslu soal Jokowi Kampanye

Pramesti Regita Cindy
26 January 2024 20:00

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat kampanye di Gorontalo (Dok. Timnas Amin)
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat kampanye di Gorontalo (Dok. Timnas Amin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Tim Hukum Timnas Amin (Anies-Muhaimin), Eggi Sudjana memastikan tak akan mengambil langkah pelaporan ke Bawaslu terkait dengan pernyataan Jokowi yang ingin berkampanye.

Eggi mengatakan Anies meminta untuk tidak memperpanjang pernyataan Jokowi tersebut. Anies, kata Eggi, memilih agar masyarakat melihat dalam aspek moralitas seorang pemimpin negara.

"Pak Anies sudah bilang begitu, berarti enggak ada (pelaporan ke Bawaslu). Pak Anies itu lebih seneng sisi moralnya. Artinya, harusnya Bawaslu yang bekerja," kata Eggi, Jumat (26/1/2024).

Eggi mengatakan Bawaslu hendaknya aktif untuk melakukan tindak lanjut dari keriuhan publik. Bawaslu, kata dia, harus benar-benar mampu menjaga martabat presiden. 

"Kenapa waktu tanggal 1 November Presiden Jokowi bilang netral, kok tanggal 24 Januari boleh memihak. Itu kata memihak itu dalam sekali urusannya pengertiannya. Misalnya Pak Jokowi mengatakan boleh memihak, kan pasti memihaknya kepada 02 dong, ga mungkin mihak ke 01," kata Eggi.