Logo Bloomberg Technoz

DPR Akui Paling Tak Dipercaya Masyarakat Sepanjang 2023

Pramesti Regita Cindy
26 January 2024 09:40

Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)
Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Badan Urusan Rumah Tangga Dewan Perwakilan Rakyat (BURT DPR), Agung Budi Santoso mengakui tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga legislatif tersebut masih paling buruk dibandingkan lembaga pemerintahan dan negara lainnya. Hal ini didasarkan pada sejumlah survei kepercayaan masyarakat pada 2023.

"Alhamdulillah DPR RI menjadi lembaga pemerintah yang memiliki tingkat kepercayaan oleh rakyat Indonesia nomor satu, tapi dari bawah. Jadi, masih paling buruk," kata Agung, Senin (25/1/2024). 

Dia mengklaim, DPR telah meminta seluruh anggota dewan untuk lebih dekat dengan masyarakat. Lembaga legislatif tersebut berharap kedekatan anggota dewan dengan masyarakat pada setiap daerah pemilihan akan membantu mengerek angka kepercayaan terhadap DPR. 

"Tentunya harapan saya DPR RI harus bisa menjadi lembaga yang paling dekat dengan rakyat, karena lembaga DPR RI adalah lembaga yang dipilih langsung oleh rakyat," ujar Agung. 

Selain itu, dia berharap agar DPR juga tetap menjadi tempat bertukar pikiran dan dialog-dialog konstruktif sehingga capaian prestasi bisa tersampaikan dengan baik kepada rakyat.

Demo menolak pengesahan Perppu Cipta Kerja (Ciptaker) di depan gedung DPR, Senayan, Selasa (14/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)