Logo Bloomberg Technoz

Tak Kunjung Laku, Kemenkeu Lelang Ulang Aset Tommy Soeharto

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 January 2024 18:00

Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto anak mantan Presiden Soeharto (Dimas Ardian/Bloomberg)
Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto anak mantan Presiden Soeharto (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (DJKN Kemenkeu) akan melakukan lelang ulang aset Hutomo Mandala Putra atau dikenal dengan panggilan Tommy Soeharto yang terseret dugaan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Direktur Lelang DJKN Kemenkeu Joko Prihanto mengatakan, setelah tiga kali dilakukan pelelangan hingga saat ini aset tak kunjung laku. Ia juga mengatakan, tidak terdapat penawaran yang diterima DJKN atas aset milik Tommy Soeharto.

“Satu mungkin karena harga, kedua mungkin dikira barang bermasalah. Tapi itu biasa namanya lelang kan ada sitaan kejaksaan juga laku," kata Joko saat ditemui oleh wartawan di kantor pusat DJKN, Kamis (25/1/2024).

Ia mengatakan, penyebab aset tersebut tak kunjung laku bisa saja disebabkan karena harga yang tinggi dan masyarakat mengira aset tersebut barang bermasalah. Tak hanya itu, pihaknya berencana akan melakukan lelang ulang aset Tommy pada tahun ini.

Seperti diketahui, harga dari aset Tommy sebenarnya sudah mengalami penurunan. Semula bernilai Rp 2,425 triliun. Lalu pada lelang selanjutnya diturunkan menjadi Rp 2,151 triliun. Setelah dua kali tidak laku, aset ditawarkan seharga Rp 2,064 triliun.