Logo Bloomberg Technoz

Tom Lembong soal Pidato Jokowi: Awalnya Cuma LN, Tapi Jadi Banyak

Redaksi
25 January 2024 12:55

Thomas Lembong (Graham Crouch/Bloomberg)
Thomas Lembong (Graham Crouch/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan era kabinet Jokowi periode pertama, Tom Lembong buka-bukaan soal aktivitasnya selama meracik naskah pidato Presiden Jokowi. 

Istilah contekan dan nama Tom Lembong diseret oleh Cawapres 02 Gibran Rakabuming dalam debat cawapres, akhir pekan lalu. Tom Lembong saat ini ditunjuk menjadi Co-Captain Timnas Amin (Anies-Muhaimin).

"Awalnya membuat pidato Pak Jokowi untuk kegiatan luar negeri dalam bahasa inggris," ujar Tom Lembong dalam acara Real Talk with Uni Lubis yang disiarkan melalui Youtube, Rabu (24/1/2024) malam.

"Tapi lama-lama (pidato) dalam negeri juga. (karena) banyak yang berhasil, Pak Jokowi melakukan eksperimentasi agar Tom Lembong bikin pidato naskah Indonesia," ujar Tom Lembong.

Thomas Lembong atau Tom Lembong (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Kendati demikian, Tom Lembong tidak menjabarkan secara rinci berapa banyak pidato yang telah ia buatkan untuk Presiden Jokowi. Tom Lembong juga menolak ketika ditanya siapa orang yang pertama kali menghubunginya untuk membantu membuat pidato presiden Jokowi.