Logo Bloomberg Technoz

Smartfren (FREN) Rights Issue Rp8,75 T

Mis Fransiska Dewi
25 January 2024 08:37

Ilustrasi Smartfren. (Dok. Smartfren)
Ilustrasi Smartfren. (Dok. Smartfren)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu atau rights issue. Rights issue diperdagangkan BEI dan dilaksanakan pada 18 Maret 2024 hingga 22 Maret 2024.

Dalam prospektusnya, FREN akan menerbitkan saham sebanyak-banyaknya 171,45 miliar saham biasa atas nama seri D dengan nilai nominal Rp50 per saham. Saham ini akan ditawarkan di harga Rp50 per saham, sehingga seluruhnya bernilai sebanyak-banyaknya Rp8,57 triliun.

FREN menyampaikan setiap pemegang 178 saham lama pada 14 Maret 2024 mempunyai 75 HMETD. Setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegang sahamnya untuk membeli satu saham baru dengan harga penawaran Rp50 per saham yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan pelaksanaan HMETD.

Manajemen menyebutkan, right issue ini tidak terdapat pembeli siaga. Dengan demikian, apabila setelah alokasi masih terdapat sisa HMETD yang tidak dilaksanakan, maka saham-saham HMETD yang tersisa tersebut tidak akan dikeluarkan saham dari portepel. 

Rencana penggunaan dana rights issue akan digunakan FREN sebesar Rp5,48 triliun untuk pembayaran utang dan bunga untuk pinjaman perseroan. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja FREN dan/atau entitas anak perusahaan.