Logo Bloomberg Technoz

Penjelasan Grup Djarum Soal Isu Dukungan untuk Prabowo-Gibran

Mis Fransiska Dewi
25 January 2024 06:10

Garibaldi Thohir atau Boy Thohir. (Muhammad Fadli/Bloomberg)
Garibaldi Thohir atau Boy Thohir. (Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Group Djarum menyatakan tetap netral dalam pilpres 2024 dan mendukung presiden pilihan rakyat. Hal ini sekaligus membantah pernyataan pengusaha Boy Thohir bahwa sejumlah konglomerasi RI mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Corporate Communication Manager Djarum Budi Darmawan mengatakan Grup Djarum tidak pernah melakukan deklarasi untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran.

“Itu pernyataan pribadi Pak Boy. Grup Djarum konsisten netral. Siapapun presiden terpilih, kami dukung,” kata Budi saat dihubungi, Rabu (24/1/2024).

Boy Thohir, kakak menteri BUMN Erick Thohir,  menyebut dukungan konglomerasi Indonesia pada paslon Prabowo-Gibran dalam acara yang diselenggarakan relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat (ETAS) awal pekan ini.

“Walaupun kami jumlahnya sedikit, tetapi ya di ruangan ini mungkin sepertiga perekonomian Indonesia ada di sini. Jadi kalau mereka-mereka mulai dari Djarum Grup, Sampoerna Grup, Adaro Grup, siapa lagi, pokoknya grup-grup semua ada di sini, ada Ninin, the richest wanita in Indonesia, dan semuanya Pak,” kata Boy, yang juga direktur utama PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO).