Logo Bloomberg Technoz

Gangguan gastrointestinal (misalnya mual, muntah, diare) 

Efek neurologis/saraf dilaporkan pekerja yang meminum air dalam satu shift yang terkontaminasi nikel seperti nikel sulfat dan nikel khlorida.

Efek Kronis (Bukan Kanker);

Dermatitis nikel

Yakni terjadi gejala  gatal pada jari tangan, tangan, dan lengan bawah. Ini merupakan efek paling umum pada manusia akibat alergi kontak kulit jangka panjang. 

Kasus nikel dermatitis telah dilaporkan setelah paparan di tempat kerja dan di luar pekerjaan/perhiasan, dengan gejala eksim (ruam, gatal) pada jari, tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah.

Efek pernapasan 

Kata dr Eddy telah dilaporkan dampaknya pada manusia akibat paparan inhalasi/ terhirup secara kronis pada manusia, yaitu asma khusus debu logam nikel, penurunan fungsi paru-paru, dan bronkitis.

Penelitian pada hewan telah melaporkan efek pada paru-paru dan sistem kekebalan tubuh dari paparan inhalasi terhadap zat terlarut.

Efek Kronis Kanker

Penelitian pada manusia dan hewan telah melaporkan peningkatan risiko kanker paru-paru dan hidung akibat terapapar debu Nikel di pekerja peleburan Nikel. 

Penelitian pada hewan tentang senyawa nikel terlarut (yaitu, nikel karbonil) telah melaporkan tumor paru-paru. 

Seseorang yang terkena nikel dikatakan dr Eddy tak hanya pekerja tetapi juga bisa terhadap individu lain di luar pekerja yang menggunakan barang sehari-hari, seperti perhiasan yang mengandung Nikel dan alat masak baja tahan karat dan peralatan makan.

(dec/spt)

No more pages