Logo Bloomberg Technoz

Reaksi Anies soal Jokowi Tegaskan Hak Berkampanye dan Memihak

Redaksi
24 January 2024 17:00

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyerahkan semuanya kepada penilaian masyarakat menanggapi kehendak Jokowi berkampanye dan memihak di Pemilu 2024. 

"Saya rasa masyarakat bisa mencerna, memiliki, menakar, memandang, menilai pandangan tersebut," kata Anies dalam keterangannya, mengutip video yang dirilis oleh Tim Nasional Pemenangan  Anies-Muhaimin (Timnas Amin), Rabu (24/1/2024). 

"Karena yang kami tahu sebelumnya adalah (Jokowi) netral, mengayomi semuanya, jadi kami serahkan semuanya ke masyarakat Indonesia untuk mencerna dan menilai," sambungnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa dirinya memiliki hak untuk berpihak dan berkampanye di Pemilu 2024. Jokowi mengatakan yang tidak diperbolehkan adalah berkampanye dengan turut menggunakan fasilitas negara.

Pernyataan Jokowi disampaikan saat ia didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus capres nomor urut 2, Prabowo Subianto di Bandara Halim Perdanakusumah usai menyerahkan pesawat tempur ke TNI Rabu (24/11/2024).