Logo Bloomberg Technoz

Mahfud MD Dikabarkan Mundur dari Menko Polhukam Sebelum Pemilu

News
24 January 2024 16:30

Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technioz/Andrean Kristianto)
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technioz/Andrean Kristianto)

Eko Listiyorini - Bloomberg News

Bloomberg, Calon wakil presiden (cawapres) dengan nomor urut 3, Mahfud MD, berencana mundur dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) kurang dari sebulan sebelum pemilihan umum (pemilu) untuk mencegah potensi konflik kepentingan.

Mahfud, yang merupakan pasangan dari mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam pemilihan 14 Februari mendatang, mengatakan dia hanya menunggu waktu yang tepat untuk mengajukan pengunduran dirinya.

Keputusan ini diambil menyusul imbauan Ganjar kepada para kandidat untuk melepaskan jabatan pemerintahan guna menghindari penyalahgunaan kekuasaan untuk mendongkrak kampanye mereka. Tidak ada persyaratan untuk hal tersebut dalam peraturan pemerintah yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang putra sulungnya juga maju sebagai pasangan calon Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sekitar 204 juta warga Indonesia akan memberikan suara bulan depan untuk memilih pemimpin baru pengganti Jokowi yang akan mengakhiri masa jabatan lima tahun keduanya dan terakhir pada bulan Oktober.