Logo Bloomberg Technoz

Menang Lelang, Pertamina Berhasil Kelola Blok Migas di Malaysia

Sultan Ibnu Affan
24 January 2024 15:20

Dok. Pertamina
Dok. Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina Malaysia Eksplorasi Produksi (PMEP), bersama mitra berhasil memenangkan lelang blok eksplorasi migas SK510 yang berlokasi di lepas pantai Sarawak, melalui Malaysia Malaysia Bid Round (MBR) 2023.

MBR adalah serangkaian kegiatan lelang yang diadakan setiap tahun oleh Malaysia Petroleum Management (MPM) Petronas, sebuah badan yang bertanggung jawab atas sumber daya migas di Malaysia. 

Sesi penandatanganan tersebut diselenggarakan di Kuala Lumpur pada Selasa, (23/1/2024),  oleh Direktur Utama PMEP, Fuji Koesumadewi, yang juga dihadiri oleh Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Danar Dojoadhi.

PMEP sendiri merupakan anak usaha PT Pertamina International Eksplorasi dan Produksi (PIEP), yang juga berafiliasi dengan PHE, sebagai Subholding upstream PT Pertamina (Persero).

Dalam blok tersebut, PMEP memegang hak partisipasi atau participating interest (PI) sebesar masing-masing 25%  bersama dengan Inpex Malaysia E&P SK510 Sdn Bhd. Pemegang PI terbesar yakni 40% sekaligus operator yakni Petronas Carigali Sdn Bhd. Sisanya, atau 10% dipegang oleh Petroleum Sarawak Exploration & Production Sdn Bhd.