Logo Bloomberg Technoz

Gelombang PHK di Produsen Bahan Baku Baterai Mobil Listrik

News
24 January 2024 14:00

Ilustrasi tambang (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi tambang (Sumber: Bloomberg)

Annie Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan-perusahaan penambang lithium di Australia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), mengurangi anggaran eksplorasi, dan meninjau ulang pembayaran dividen. Hal ini dilakukan menyusul anjloknya harga komponen kunci baterai kendaraan listrik tersebut.

Core Lithium Ltd mengatakan dalam laporan kuartalan yang dirilis Rabu (24/1) bahwa perusahaan akan memangkas "sejumlah posisi" di seluruh organisasi selama kuartal Maret karena kondisi pasar saat ini. Produsen tersebut mengumumkan penghentian operasi penambangannya di dekat Darwin di utara negara itu awal bulan ini.

Selain itu untuk membantu menjaga neraca keuangannya, Pilbara Minerals Ltd mengatakan pada Rabu bahwa mereka kemungkinan besar tidak akan membayar dividen untuk setengah tahun yang berakhir 31 Desember. Perusahaan membuat pengumuman tersebut dalam laporan kuartalannya, bersama dengan rencana untuk mengurangi pengeluaran eksplorasi tahunannya. Pengurangan tersebut bisa mencapai A$100 juta (sekitar Rp1,03 triliun).

Langkah-langkah penghematan terbaru ini mengikuti pengumuman perusahaan tambang lithium terkemuka Albemarle Corp pekan lalu bahwa mereka mengurangi pengeluaran dan biaya proyek, termasuk tenaga kerja. Harga spodumene, batuan yang mengandung lithium, telah mengalami penurunan pada Januari setelah anjlok 80% tahun lalu.

Grafik harga komponen baterai EV. (Sumber: Bloomberg)