Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya Alphabet Inc mengumumkan PHK puluhan karyawan di divisi X moonshot, tidak lama setelah menghilangkan ratusan pekerjaan di tim-tim termasuk perangkat keras dan Google Assistant baru-baru ini. 

Google beralasan pihaknya butuh bergerak secara lebih efisien, dengan salah satu keputusannya adalah menyesuaikan sumber daya mereka dengan prioritas produk terbesar mereka. Keputusan PHK terbaru lebih sedikit dibandingkan tahun 2023, namun meluas ke tim perekrutan, konten berita, hingga aplikasi layanan peta digital Waze.

CEO Sundar Pichai menguatkan sinyal bahwa Google masih akan melanjutkan gelombang PHK dalam sebuah memo internal. PHK dilakukan karena Google memiliki target investasi besar pada bidang-bidang prioritas sepanjang tahun 2024. 

“Penghapusan peran [PHK] ini tidak dalam skala pengurangan tahun lalu, dan tidak akan menyentuh setiap tim. Namun saya tahu sangat sulit melihat rekan kerja dan tim yang terkena dampaknya,” tulis Pichai dalam memonya.

eBay Inc belum lama merilis pengumuman yang sama, dimana PHK berdampak pada sekitar 1.000 pekerjaan, atau 9% dari karyawan tetap. Riot Games Inc milik Tencent Holdings Ltd juga melakukan PHK 530 pekerjaan, demi menjaga biaya dan peningkatan pendapatan berkelanjutan di masa mendatang.

Amazon.com juga turut mem-PHK karyawan.  Perusahaan milik Jeff Bezos itu merumahkan ratusan karyawan pada unit bisnis Prime Video dan studio. Menurut Mike Hopkins, yang menjalankan divisi video streaming dan studio, “kami telah mengidentifikasi peluang untuk mengurangi atau menghentikan investasi di bidang-bidang tertentu sembari meningkatkan investasi kami dan fokus pada inisiatif konten dan produk yang memberikan dampak paling besar.”

Chief Executive Officer (CEO) Andy Jassy ingin memangkas biaya setelah berekspansi cepat selama pandemi. Dia juga telah membatalkan beberapa proyek yang dibuat selama era Jeff Bezos. Pasca pergantian kepemimpinan, Amazon telah memecat ratusan orang di divisi yang bertanggung jawab atas aktivitas asisten Alexa, juga pada  unit musik.

Amazon.com Inc memangkas ratusan pekerja di seluruh unit pembuatan konten, termasuk Prime Video dan situs streaming langsung Twitch. Unity Software Inc, produsen teknologi yang mendukung game mobile populer seperti Pokemon Go, mengatakan akan mengurangi jumlah pekerjanya sebesar 25%, menghilangkan sekitar 1.800 pekerjaan.

Layoffs.fyi mencatat jumlah karyawan teknologi yang di-PHK mencapai puncaknya pada kuartal pertama 2023 dan terus menurun sejak saat itu. Situs yang melacak pengurangan pekerjaan di seluruh industri menghitung 1.186 perusahaan teknologi menghilangkan total lebih dari 262.600 pekerjaan tahun lalu. Delapan belas perusahaan teknologi telah memberhentikan 2.945 pekerja sejak 1 Januari, menurut situs web tersebut.

- Dengan asistensi Zheping Huang dan Brody Ford.

(wep)

No more pages