Logo Bloomberg Technoz

Regulator Jepang Selidiki Risiko Bank Jika Suku Bunga Naik

News
24 January 2024 09:10

Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg
Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg

Taiga Uranaka - Bloomberg News

Bloomberg, Regulator keuangan Jepang akan memeriksa kerentanan bank terhadap potensi risiko yang berasal dari kenaikan suku bunga, termasuk paparan terhadap peminjam dengan leverage tinggi dan real estate karena bank sentral negara tampaknya akan mengubah arah.

Bank of Japan (BoJ) diperkirakan akan melakukan kenaikan suku bunga pertamanya sejak tahun 2007 dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa beberapa peminjam akan kesulitan melakukan pembayaran bunga yang lebih tinggi.

“Bank harus mampu merespons pergerakan suku bunga dan perubahan lainnya secara tepat waktu,” kata Toshinori Yashiki, Wakil Direktur Jenderal Badan Jasa Keuangan Jepang, dalam sebuah wawancara. “Bank mungkin telah melonggarkan disiplin pinjaman mereka dengan terburu-buru untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek di bawah suku bunga rendah selama bertahun-tahun.”

BOJ mempertahankan kebijakan moneternya tidak berubah pada hari Selasa, sebuah keputusan yang diperkirakan secara luas setelah terjadinya gempa pada Hari Tahun Baru. Pasar swap mengindikasikan kemungkinan kenaikan suku bunga sebesar 44% pada pertemuan April dan 98% pada pertemuan Juli.