Logo Bloomberg Technoz

Meksiko menyebut bahwa "banyak laporan dari PBB yang merinci banyak insiden yang bisa dianggap sebagai kejahatan di bawah yurisdiksi ICC."

Kementerian Luar Negeri Palestina menyambut baik keputusan Meksiko dan Chili untuk mengirim surat rujukan kepada ICC. Mereka menyatakan bahwa ini menegaskan bahwa pengadilan harus memenuhi tugasnya dengan melakukan pencegahan, penyelidikan, dan penuntutan terhadap tindak kejahatan yang paling parah.

Kementerian Luar Negeri Palestina menyatakan, "Para pejabat Israel tidak tergoyahkan ketika mereka melanjutkan perang genosida mereka." Meksiko menyatakan bahwa mereka akan mengawasi gugatan Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional (ICJ). Gugatan itu menuduh Israel melakukan genosida di Jalur Gaza dan menuntut ICJ untuk meminta penghentian darurat operasi militer Israel. Tel Aviv membantah keras tuduhan genosida.

Kasus dugaan genosida, kejahatan perang, dan kejahatan kemanusiaan ditangani oleh ICJ dan ICC. Namun, Komisi Keadilan Internasional menangani perselisihan antara negara, sedangkan ICC menangani individu atas dugaan pelanggaran.

(ros/lav)

No more pages