Logo Bloomberg Technoz

Netanyahu menyatakan bahwa kedaulatan Palestina untuk menguasai Tepi Barat tidak sejalan dengan kebutuhan Israel untuk memiliki "kontrol keamanan atas semua wilayah di sebelah barat Sungai Yordan."

Saat berbicara melalui telepon dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Jumat (19/1/2024), dia juga menyatakan penolakan yang sama.

Netanyahu menegaskan dalam percakapan pertama mereka dalam satu bulan terakhir bahwa Israel harus mempertahankan kontrol keamanan atas Gaza dan memastikan bahwa Gaza tidak lagi menjadi ancaman bagi Israel.

Sejak melancarkan agresi ke Jalur Gaza, Netanyahu berulang kali bersumpah bakal menumpas habis kelompok Hamas dan ingin mengontrol Gaza untuk menjaga keamanan di kawasan itu.

Ini dilakukan untuk mencegah kelompok Hamas muncul kembali, yang selama ini menjadi kekhawatiran utama Israel di Palestina. Israel terus menyerang Gaza tanpa henti. Hingga saat ini, lebih dari 25 ribu orang meninggal dunia.

Sejak awal Oktober, serangan Israel di Gaza telah menjadi konflik paling lama, paling berdarah, dan paling merusak di antara kedua wilayah tersebut.

Masyarakat sipil Gaza masih menghadapi krisis kemanusiaan yang serius karena kelaparan dan kekurangan air bersih dan layanan kesehatan.

(ros/lav)

No more pages