Logo Bloomberg Technoz

Kemhan Posting Hastag Prabowo-Gibran, Istana Hanya Minta Evaluasi

Sultan Ibnu Affan
22 January 2024 17:00

Ari Dwipayana (Tangkapan Layar Instagram @dwipayanaari)
Ari Dwipayana (Tangkapan Layar Instagram @dwipayanaari)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana tak berkomentar banyak tentang unggahan hastag Prabowo-Gibran oleh Kementerian Pertahanan yang diduga melanggar aturan netralitas dalam Pemilu 2024. Dia hanya menekankan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan seluruh kementerian dan lembaga negara; termasuk ASN, anggota Polri dan TNI harus netral.

Alih-alih, bersikap lebih tegas dan serius, Istana menilai persoalan tersebut cukup diselesaikan secara internal di kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto. "Supaya dievaluasi internal Kemhan soal itu," kata Ari dikutip dalam rekaman, Senin (22/1/2024).

Sebelumnya, admin akun resmi Kementerian Pertahanan di platform X, dulunya twitter, mengunggah foto pembangunan komplek perumahan Skyhank TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara Raden Sadjad, Minggu (21/1/2024). 

Akan tetapi, akun berstatus verified bernama Kemhan-RI tersebut turut membubuhkan sejumlah tagar yaitu #PrabowoGibran2024 #PrabowoSubianto #MenhanPrabowo #KSAU #Kemhan #Kemhan RI dan #TNIAU.

Kasus ini semakin memperkuat sejumlah isu dukungan kekuatan pemerintah berkuasa pada pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Meski tak gamblang, Jokowi pun berulang kali menunjukkan gimik politik untuk mendukung putera sulungnya tersebut.