Logo Bloomberg Technoz

Imin: Pemerintah Tak Seriusi Deforestasi, Penggundulan Merajalela

Sultan Ibnu Affan
21 January 2024 21:22

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technioz/Andrean Kristianto)
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technioz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Muhaimin Iskandar merespons Mahfud MD terkait dengan isu deforestasi dalam debat cawapres, Minggu (24/1/2024). Menurutnya, pemerintah tidak serius mengatasi isu tersebut, tecermin dari masih tingginya kasus penggundulan hutan.

“Tidak ada keseriusan di situ [...] mengapa tidak dilibatkan petani? Kenapa melakukan penggundulan hutan, bahkan merusak keanekaragaman hayati kita,” ujarnya di sela debat cawapres. 

Dia juga menyebut pemerintah masih memiliki masalah terkait dengan keberpihakan soal pembangunan yang berbasis keberlanjutan. “Jangan main-main lagi, ini soal nasib rakyat. Prinsipnya cuma satu, keadilan. Jangan pernah membiarkan keadilan ekologi [tercederai].”

Dia melanjutkan komitmen keadilan yang dimaksud juga harus diterapkan dalam solusi konflik agraria. 

“Ini tidak dijalankan sama sekali. Karena apa? Tidak ada kesungguhan, padahal konstitusinya sudah ada, anggarannya juga punya. Paling pokok adalah kesungguhannya, komitmen untuk melaksanakan itu harus sungguh-sungguh. Harus berpihak pada rakyat,  bukan investor atau pengusaha.”