Logo Bloomberg Technoz

Cak Imin Janji Gelontorkan Dana Desa Rp5 M Jika Terpilih

Mis Fransiska Dewi
21 January 2024 20:50

Paslon Capres & Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan & Muhaimin Iskandarsaat debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Youtube KPU)
Paslon Capres & Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan & Muhaimin Iskandarsaat debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Youtube KPU)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar berjanji menggelontorkan anggaran dana desa mencapai Rp5 miliar per desa jika terpilih menjadi wakil presiden dalam Pilpres 2024. Angka ini lebih tinggi dibanding pagu dana desa saat ini, yakni Rp1 miliar per desa. 

Muhaimin mengatakan, hari ini sudah ada 13 ribu desa yang tertinggal menjadi desa maju, sementara desa mandiri tercatat 4.000 desa saja. Menurut dia, ini bukti bahwa infrastrutur berjalan dengan baik melalui adanya anggaran dana desa.

"Nanti ke depan kami akan siapkan untuk menaikkan lagi anggaran Rp 5 miliar per desa, agar infrastrukturnya baik, tapi juga ada kehidupan ekonomi yang tumbuh melakui BUMDes," kata Muhaimin.

Pengembangan ekonomi desa juga dilakukan melalui berbagai kegiatan wirausaha yang tumbuh, baik pertanian, peternakan, maupun ekonomi kreatif sehingga orang tertarik berada di desa.

Dalam APBN 2024, dana desa mendapatkan alokasi anggaran Rp71 triliun. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 83.794 desa di seluruh Indonesia pada 2022. Jadi andai mau dibagi sama rata sama rasa, maka per desa akan memperoleh Rp 847,32 juta.