Logo Bloomberg Technoz

Mahfud MD: Banyak Perampasan Tanah Rakyat untuk Sawit

Sultan Ibnu Affan
21 January 2024 20:12

Mahfud (Tangkapan Layar Youtube KPU RI)
Mahfud (Tangkapan Layar Youtube KPU RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menilai banyak perampasan tanah rakyat untuk kelapa sawit. Hal ini disampaikan dalam Debat Pilpres 2024 di Jakarta, Minggu (21/1/2024). 

Dia menjelaskan sebenarnya persoalan penyelesaian sumber daya alam dan energi selalu harus menyeluruh dari hulu ke hilir. Menurut dia, kuncinya adalah keterbukaan informasi agraria, termasuk kehutanan.

"Kehutanan memiliki persoalan dalam sidang-sidang tentang ini informasinya tertutup, siapa-siapa yang punya lahan ilegal di sana, ketika dibuat daftar tidak ada di dalam daftar, sementara ada masyarakat yang punya data saya tanyakan, baru ditunjukkan," jelas Mahfud.

Jadi, menurut dia, penyelesaian persoalan ini tidak bisa menyeluruh. Pasalnya, kemudian atas nama keterbukaan informasi publik, mereka menyampaikan ini merupakan rahasia.

"Gak bisa dong, rahasia itu kan bukan yang tentang  data perampasan tanah-tanah rakyat kasus-kasusnya di mana siapa yang menyerobot lahan sawit, itu kan data-datanya harus lengkap," papar Mahfud.