Logo Bloomberg Technoz

Tom Lembong, Timnas AMIN yang Berulang Kali Disebut Gibran

Dovana Hasiana
21 January 2024 22:12

Thomas Lembong (Graham Crouch/Bloomberg)
Thomas Lembong (Graham Crouch/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka berulang kali menyebut nama Tom Lembong dalam Debat Capres-Cawapres ke-4 di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Siapakah orang yang disebut sebagai bagian dari tim pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong adalah Co-Kapten Tim Nasional Pemenangan (Timnas Amin). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sempat mengangkat Tom Lembong sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Rachmad Gobel dengan masa jabatan, 12 Agustus 2015 - 27 Juli 2016. Dia kemudian terkena reshuffle atau perombakan kabinet menjadi Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), hingga 23 Oktober 2019. 

Selain itu, dirinya juga dikenal sebagai pengusaha ternama sekaligus ekonom senior di Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, Tom menempuh pendidikan Arsitektur dan Perancangan Kota di Harvard University dan lulus tahun pada 1994. 

Setahun pasca kelulusan, Tom Lembong memulai karir di Divisi Ekuitas Morgan Stanley Singapore Pte. Ltd. Pada tahun 1999, Tom beralih profesi sebagai bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia.

Thomas Lembong (SeongJoon Cho/Bloomberg)