Logo Bloomberg Technoz

Posisi pemerintah soal pengendalian harga belum berubah, subsidi BBM belum dicabut. Kementerian Keuangan memperkirakan pencabutan subsidi BBM untuk masyarakat mampu bisa menghemat anggaran sampai MYR 17 miliar (Rp 58,36 triliun).

“Tidak adanya kejutan terkait pertumbuhan ekonomi dan inflasi akan membuat BNM sepertinya tidak menaikkan suku bunga,” tulis Winson Phoon dan Se Tho Mun Yi dari Maybank Securities dalam risetnya.

Analis dari RHB Bank Bhd berbeda pendapat. Chin Yee Sian dan Wong Xian Yong dalam risetnya menyebut BNM punya 3 alasan untuk menaikkan suku bunga acuan 25 bps. Tiga alasan itu adalah peningkatan inflasi inti, pelemahan nilai tukar ringgit, dan pemerintah yang akan mengumumkan subsidi lebih tepat sasaran.

Namun BNM kemungkinan masih akan menaikkan suku bunga acuan, meski bisa jadi tidak hari ini. Bulan lalu, PM Anwar mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi 2023 mungkin akan melampaui proyeksi pemerintah yang sebesar 4,5%.

Baru-baru ini, pemerintah Malaysia mengumumkan rencana investasi dari Tesla Inc dan Amazon Web Services, yang akan menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Ke depan, pemotongan pajak untuk rumah tangga berpendapatan menengah akan mendukung pertumbuhan konsumsi. Reopening di China dan harga komoditas yang cenderung stabil akan mendorong ekspor,” sebut Tamara Mast Henderson, Ekonom Bloomberg Economics untuk ASEAN.

(bbn)

No more pages