Logo Bloomberg Technoz

Respon KPU Soal Bentrok Jadwal Kampanye Terbuka Paslon 01 dan 02

Pramesti Regita Cindy
19 January 2024 20:50

Ilustrasi Ketiga Capres (Asfahan/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Ketiga Capres (Asfahan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan calon (Paslon) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan menggelar kampanye terbuka atau kampanye rapat umum di wilayah yang sama jelang pekan tenang Pemilu 2024. Berdasarkan jadwal dari masing-masing tim, keduanya akan menggelar kampanye akbar di Jawa Timur dan Jakarta, 9-10 Februari 2024.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), August Mellaz mengklaim telah berkoordinasi dengan masing-masing tim sukses paslon. KPU pun telah menyampaikan pertimbangan sehingga meski berada di provinsi yang sama, lokasi kampanye berbeda.

“Itu tentu saja, kami juga menyampaikan pertimbangannya bagaimana, termasuk pertimbangan dari kami," kata Mellaz dalam paparannya di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal kampanye akbar digelar mulai 21 Januari hingga 10 Februari 2024. Pada 18 hari awal, tiap paslon akan dibagi ke tiga zona yang berbeda. Ketiganya tak akan berada pada zona yang sama tiap harinya.

Zona A meliputi Provinsi Aceh, Riau, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua Pegunungan.