Logo Bloomberg Technoz

Ketakutan Global Picu Pembangunan Lab Biosafety di Seluruh Dunia

News
09 March 2023 11:30

Pengujian Coronavirus Hongaria Di Pusat Penelitian Universitas Pecs Szentágothai (Sumber: Bloomberg)
Pengujian Coronavirus Hongaria Di Pusat Penelitian Universitas Pecs Szentágothai (Sumber: Bloomberg)

Riley Griffin dan Madison Muller - Bloomberg News - 

Bloomberg, Jumlah laboratorium khusus untuk penelitian dan pengujian dengan tingkat risiko tinggi melonjak di seluruh dunia. Namun, lonjakan fasilitas itu tidak disertai dengan kesepakatan global terkait pemenuhan syarat keamanan hayati (biosafety). 

Saat ini terdapat 69 fasilitas laboratorium yang dilengkapi dengan Level Keselamatan Biologi 4 (Biosafety Level 4/BSL-4) yang tengah dibangun di seluruh dunia, menurut Global Biolabs. Proyek yang dijalankan oleh King's College London dan Universitas George Mason di Virginia itu memfasilitasi kegiatan penelitian mikroorganisme yang bersifat patogen dan berbahaya bagi manusia. Pada sekitar satu dekade lalu, Laboratorium BSL-4 hanya ada 25 unit di seluruh dunia. 

Fasilitas ini memiliki sistem keamanan yang tinggi dengan melengkapi para pekerjanya dengan pakaian pelindung khusus lengkap dengan tabung oksigen.

Keamanan hayati kembali muncul sebagai masalah global dalam beberapa minggu terakhir sejak laporan Departemen Energi AS yang menyebut kebocoran laboratorium adalah kemungkinan besar asal mula pandemi Covid-19. China telah menolak gagasan kebocoran laboratorium, dan konsensus ilmiah tetap menyatakan bahwa pandemi dimulai ketika virus corona berpindah dari hewan ke manusia.