Logo Bloomberg Technoz

Bukan Dihapus, DPR Sebut Anggaran Beasiswa LPDP Tak Ditambah

Pramesti Regita Cindy
19 January 2024 17:10

Gedung DPR/MPR RI (DOK dpr.go.id)
Gedung DPR/MPR RI (DOK dpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) membantah hendak menghapus atau menghentikan program beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti  mengklaim, LPDP hanya tak akan mendapat dana tambahan dari anggaran baru.  

"Perlu dipahami bahwa penghentian yang dimaksud bukan terkait program beasiswa LPDP-nya. Namun terkait anggaran yang hingga saat ini menumpuk, yakni sebesar kurang lebih Rp150 Triliun dan belum terpakai. Sehingga, program LPDP masih bisa tetap jalan tanpa alokasi anggaran baru," kata Roro dikutip dari laman DPR, Jumat (19/1/2024).

Menurut dia, pemerintah selalu mengalokasikan anggaran hingga 20% dari APBN untuk sektor pendidikan. Pada 2023, sebagai contoh, pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp612,2 triliun. Program LPDP sendiri mendapat jatah sebesar Rp20 triliun.

Alokasi anggaran bagi LPDP pun naik pada 2024 menjadi Rp25 triliun.  

"Mengingat anggaran yang cukup besar untuk sektor ini, perlu dikawal dengan baik pembelanjaannya. Untuk pengalokasian baru perlu dipertimbangkan agar dapat disalurkan untuk peningkatan kualitas pendidikan,” kata Roro.