Logo Bloomberg Technoz

PM Jepang Mau Bubarkan Faksi Politiknya Skandal Korupsi

News
19 January 2024 13:50

Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)
Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)

Mia Glass - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida sedang mempertimbangkan untuk membubarkan faksi politiknya setelah skandal dana gelap yang mengguncang Partai Demokratik Liberal (LDP) yang berkuasa meluas dan melibatkan lingkaran dalamnya sendiri. Ini menambah tekanan pada kabinet saat peringkat dukungan mulai pulih.

Pengumuman ini muncul setelah laporan pada Kamis bahwa jaksa Tokyo mungkin akan mendakwa seorang mantan bendahara dari faksi Kishida. Perdana Menteri baru-baru ini mengundurkan diri sebagai pemimpin kelompok tersebut karena skandal tersebut merembet ke seluruh partainya. Dia telah menjabat sebagai ketua sejak 2012.

"Jika ini akan berkontribusi pada pemulihan kepercayaan dalam politik, ini adalah sesuatu yang harus kita pertimbangkan," kata Kishida kepada wartawan pada Kamis malam.

Setelah mencatatkan serangkaian posisi terendah baru, peringkat dukungan perdana menteri dalam beberapa survei baru saja mulai naik setelah tanggapan pemerintahannya terhadap gempa bumi di Hari Tahun Baru di barat laut negara itu mendapat persetujuan. Penyebaran skandal dana ke faksinya sendiri dapat membalikkan pemulihan tersebut dalam jajak pendapat yang akan datang.