Logo Bloomberg Technoz

Kubu Ganjar: Survei Ekonom Bloomberg Tak Refleksi Sesungguhnya

Muhammad Fikri
18 January 2024 17:45

Ilustrasi Capres Cawapres (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Capres Cawapres (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menilai bahwa survei Bloomberg tak bisa mencerminkan realita sesungguhnya soal persepsi terhadap capres-capres. Apalagi menurut TPN, survei tersebut hanya meminta jajak pendapat dari 17 orang ekonom maupun analis market.

Diketahui survei tersebut menunjukkan hasil bahwa Anies Baswedan lebih unggul dibandingkan rivalnya yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Saya tidak perlu mengomentari hasil survei tersebut, kenapa? Karena 17 pengamat ekonomi tersebut tidak bisa merefleksikan keseluruhan pengamat ekonomi dan analis pasar lainnya," kata Sekretaris Eksekutif TPN Ganjar-Mahfud Heru Dewanto kepada Bloomberg Technoz, Kamis petang (18/1/2024).

Namun demikian kata dia, pihaknya tetap mengapresiasi para ekonom sudah mau disurvei terkait sudut pandang dan preferensi mereka di Pemilu 2024. Heru mengatakan, pihaknya selalu melakukan evaluasi terhadap berbagai hasil survei yang ada.

"Kami selalu terbuka atas kritik maupun masukan karena dengan semua kritik dan juga masukan kita bisa lebih memperbaiki visi dan misi ekonomi kami," ujarnya lagi.