Logo Bloomberg Technoz

Suksesi Kepemimpinan Dunia, 50 Negara Gelar Pemilu Tahun Ini

Delia Arnindita Larasati
18 January 2024 17:00

Peserta menunjukkan tinta pencoblosan saat simulasi pemungutan suara pemilu 2024 di Jakarta, Rabu (17/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Peserta menunjukkan tinta pencoblosan saat simulasi pemungutan suara pemilu 2024 di Jakarta, Rabu (17/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lebih dari 50 negara di dunia akan menggelar pemilihan umum (pemilu) tahun ini, termasuk Indonesia. Rakyat dari berbagai belahan dunia akan memilih pemimpin baru mereka tahun ini. 

Di Januari, Bangladesh, Bhutan, Taiwan, hingga Komoro akan menggelar pemilu presiden hingga legislatif. Sementara di bulan Februari akan dibukan oleh pemilu presiden dan DPR oleh El Savador pada 4 Februari, disusul oleh Azerbaijan, Pakistan, Kamboja, hingga Indonesia.

Portugal hingga Maladewa juga diperkirakan akan menggelar pemilu pada bulan Maret. Rusia dan Ukraina juga dijadwalkan menggelar pemilu di bulan Maret, akan tetapi ada kemungkinan dibatalkan karena perang.

Di bulan April, India dan Kepulauan Solomon akan menggelar pemilihan legislatif. Sementara di bulan Mei, ada Lithuania, Madagaskan, hingga Afrika Selatan. 

Mongolia, Belgia, hingga Mauritania akan menggelar pemilu pada Juni. Disusul oleh Rwanda di bulan Juli, sementara Mozambik, Georgia, hingga Uruguay di bulan Oktober. Amerika Serikat akan menggelar pemilu presiden, senat, dan DPR pada November, bersama Yordania hingga Moldova.