Logo Bloomberg Technoz

Namun, KPI masih belum putus berharap dan tetap memberi batas waktu dan memastikan keputusan investasi akhir atau final investment decision (FID) proyek Kilang Tuban akan diumumkan pada Maret 2024.

"Insyaallah Maret 2024 FID bisa kita dapatkan. Tentu harapannya dengan dukungan infrastruktur dan akses lahan kilang [yang mumpuni]," ujar Direktur Utama PT KPI Taufik Adityawarman di kompleks parlemen, pengujung 2023.

Sementara itu, BUMN Rusia, yakni Zarubezhneft, juga ikut mundur dalam proyek migas di Blok Tuna, yang menyebabkan pengunduran keputusan investasi akhir atau FID terhadap pengembangan Blok Tuna, di Laut Natuna Timur hingga 2025.

Sejatinya, pemerintah padahal telah memberikan perserujuan rencana pengembangan atau plan of development (PoD) Lapangan Tuna sejak Desember 2022.

Di Blok itu, Zarubehzneft berencana menggarap bersama perusahaan migas asal Inggris, Harbour Energy, dengan masing-masing memiliki participating od interest (PI) sebesar 50%.

Berdasarkan catatan Kementerian ESDM, Blok Tuna diperkirakan memiliki potensi gas di kisaran 100 hingga 150 million standard cubic feet per day (MMSCFD).  Selain itu, investasi pengembangan lapangan hingga tahap operasional ditaksir mencapai US$3,07 miliar atau setara dengan Rp45,4 triliun.

(ibn/wdh)

No more pages