Logo Bloomberg Technoz

Mentan Bantah Food Estate Jagung di Kalimantan Pakai Pot

Dovana Hasiana
18 January 2024 07:50

Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana).
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman membantah isu metode tanam jagung dengan media tanam pot atau polybag pada program food estate. Dia mengklaim penggunaan pot hanya dilakukan pada benih percobaan agar mengetahui kondisi iklim yang cocok. 

“Food estate kita tanami jagung, bagus kan? cuman ada yang tulis katanya di pot. Pot mana? Itu di pot di tempat pojok sana jauh karena untuk mengetahui iklim dan jenis jagung yang cocok dengan iklim itu,” ujar Amran saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024). 

“Agroclimate nya kita cocokan pasang di pot dulu ada beberapa. Kemudian ada video bahwa itu ditanam di pot. Perlakuannya harus detail supaya berhasil.”

Sebelumnya, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Kementerian Pertanian (BSIP Kementan), Fadjry Djufry juga membantah penggunaan pot dalam food estate. 

Menurutnya, tanaman jagung di lahan Food Estate Gunung Mas, Kalimantan Tengah yang ditanam sejak 25 Oktober 2023 hingga saat ini tumbuh subur.