Logo Bloomberg Technoz

Pendapatan Mesir dari Kanal Suez Anjlok karena Krisis Laut Merah

News
17 January 2024 17:10

Laut Merah (Dok: Bloomberg)
Laut Merah (Dok: Bloomberg)

Salma El Wardany and Mirette Magdy - Bloomberg News

Bloomberg, Mesir mengalami penurunan pendapatan dari Terusan Suez akibat serangan Houthi di Laut Merah. Beberapa kapal menghindari terusan ini untuk melindungi diri mereka dari serangan rudal dan pesawat tak berawak.

Namun, Mesir memutuskan untuk tetap meningkatkan biaya transit melalui terusan tersebut dalam upaya untuk mendapatkan lebih banyak mata uang asing. Meskipun lalu lintas melalui Terusan Suez turun 30% pada awal Januari, Mesir berharap pendapatan tambahan dari kapal-kapal yang masih melintas akan membantu perekonomian yang sedang mengalami kesulitan keuangan.

Penurunan lalu lintas melalui Terusan Suez terjadi karena Houthi, yang didukung oleh Iran, meningkatkan serangan mereka sebagai reaksi terhadap perang Israel melawan Hamas di Gaza. Kejadian ini memicu kekhawatiran akan terjadinya konflik militer yang lebih luas.

Peta Timur Tengah (Dok: Bloomberg)

Kepala otoritas terusan, Osama Rabie, mengatakan bahwa kapal-kapal komersial cenderung memilih rute yang lebih jauh daripada melintasi terusan yang rentan terhadap serangan. Meskipun Mesir mempertimbangkan untuk menurunkan tarif transit, Rabie menjelaskan bahwa masalah keamanan adalah hal utama yang harus diatasi.