Logo Bloomberg Technoz

Otorita: Djarum dan Wings Group tak Hengkang dari Konsorsium IKN

Dovana Hasiana
16 January 2024 20:15

Pembangunan IKN. (Dok: Bloomberg)
Pembangunan IKN. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memastikan Djarum Group dan Wings Group tetap berada dalam konsorsium di Ibu Kota Nusantara, namun bukan di Konsorsium Nusantara. Kedua grup perusahaan berada di konsorsium lain untuk pengembangan lain. 

Deputi Bidang Pendanaan & Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono mengatakan sejak awal Djarum dan Wings Group memang tidak pernah tergabung dalam Konsorsium Nusantara yang bakal membangun Hotel Nusantara. 

“Djarum dan Wings Group tidak benar hengkang dari Konsorsium Nusantara. Konsorsium Nusantara yang membangun Hotel Nusantara terdiri dari 10 perusahaan yang waktu itu disebutkan, dan memang Djarum dan Wings Group tidak termasuk di situ. Tidak termasuk di 10 perusahaan yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara,” ujar Agung dalam media briefing yang digelar secara virtual, Selasa (16/1/2024). 

Agung tidak menjelaskan dengan lengkap perihal nama konsorsium di mana Djarum dan Wings Group tergabung. Namun, dia memastikan bahwa Djarum dan Wings Group juga bakal melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) berupa pembangunan Botanical Garden. 

“Kalau Djarum, spesifik BCA, selanjutnya itu ada groundbreaking Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi saya rasa perbankan, bank, akan masuk bersamaan atau setelah OJK. Bank BCA dan bank lain tentu harus masuk setelah atau bersamaan dengan OJK,” ujarnya.