Logo Bloomberg Technoz

"Jadi PNBP mengikuti pola dari ICP dan kurang lebih itu menyatakan apa yang kita lakukan di sini konsisten dengan program. Sehingga dampaknya hanya terkena dari ICP."

Sementara itu, realisasi investasi sektor migas pada 2023 tercatat mencapai US$15,6 miliar atau sekitar Rp243,2 triliun, atau naik 12% dari capaian tahun lalu yang sebesar US$13,90 miliar.

Tutuka pun berharap, dengan capaian investasi itu, ke depan dapat meminimalisir tren penurunan lifting migas. "Mudah-mudahan ke depan dengan strategi khusus kita bisa naik."

Adapun secara keseluruhan, Kementerian ESDM mencatat realisasi investasi di sektor ESDM 2023 mencapai US$30,3 miliar atau setara Rp471,37 triliun (asumsi kurs saat ini). Angka ini naik 11% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$27 miliar.

Dari angka itu, sektor migas mendominasi melebihi 50%, disusul dengan sektor mineral dan batu bara US$7,46 miliar, kemudian Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE )sebesar US$1,5 miliar, dan Ketenagalistrikan US$5,8 miliar.

(ibn/wdh)

No more pages