Logo Bloomberg Technoz

Kepuasan di atas 75%, Jokowi Tak Khawatir Isu Pemakzulan

Pramesti Regita Cindy
16 January 2024 14:20

Ari Dwipayana (Tangkapan Layar Instagram @dwipayanaari)
Ari Dwipayana (Tangkapan Layar Instagram @dwipayanaari)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak terpengaruh muncul dan maraknya isu tentang rencana pemakzulan atau pelengseran. Jokowi disebut tetap berkegiatan dan bekerja seperti biasa.

Menurut dia, upaya pencopotan secara paksa terhadap Jokowi tak akan mudah dan cepat. Berdasarkan survei dari lembaga terpercaya, tingkat popularitas, keyakinan, dan kepuasan masyarakat terhadap Presiden Jokowi masih di atas 75%.

"Bukan hanya data survei, saat presiden berkunjung ke daerah antusiasme masyarakat juga sangat tinggi," ujar Ari, Selasa (16/1/2024).

Toh, menurut dia, pelaksanaan usul pemakzulan presiden harus menempuh tiga tahap ujian politik yang tak mudah dan panjang. 

Pertama, usulan pemakzulan harus dibahas dalam rapat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dihadiri lebih dari dua pertiga anggota dewan. Rapat tersebut pun harus berakhir dengan kesepakatan pengajuan pemakzulan yang disetujui dua pertiga anggota dewan yang hadir.

Jokowi sedang berbincang dengan pedagang saat mengunjungi pasar Jatinegara di Jakarta, Indonesia (Dok. Bloomberg)