Logo Bloomberg Technoz

Peneliti Kembangkan AI yang Bakal Bisa Tiru Tulisan Tangan

News
16 January 2024 08:50

Ilustrasi teknologi kecerdasan buatan/AI. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi teknologi kecerdasan buatan/AI. (Dok: Bloomberg)

Saritha Rai - Bloomberg News

Bloomberg, Alat kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) sudah bisa membuat tiruan suara dan video deepfake yang sangat meyakinkan. Tak lama lagi, AI juga bisa meniru gaya tulisan tangan seseorang.

Para peneliti di Universitas Kecerdasan Buatan Mohamed bin Zayed (MBZUAI) di Abu Dhabi mengklaim telah mengembangkan teknologi yang dapat meniru tulisan tangan seseorang hanya berdasarkan beberapa paragraf tulisan tangan. Untuk mencapainya, para peneliti menggunakan model transformer, sejenis jaringan saraf yang dirancang untuk mempelajari konteks dan makna dalam data berurutan.

Tim di MBZUAI, yang menyebut diri mereka universitas AI pertama di dunia, telah mendapatkan paten dari Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk sistem kecerdasan buatan ini.

Para peneliti belum merilis fitur ini. Akan tetapi ini merupakan langkah maju dalam bidang yang telah menarik minat akademisi selama bertahun-tahun. Ada aplikasi dan bahkan robot yang dapat menghasilkan tulisan tangan, tetapi kemajuan terbaru dalam AI telah mempercepat teknik pengenalan karakter secara dramatis.