Logo Bloomberg Technoz

Houthi Serang Kapal AS dengan Rudal di Teluk Aden

News
16 January 2024 07:10

Laut Merah (Dok: Bloomberg)
Laut Merah (Dok: Bloomberg)

Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg, Houthi menyerang kapal komersial milik AS dengan rudal balistik anti-kapal pada Senin. Hal ini semakin menggarisbawahi peringatan bahwa Laut Merah masih terlalu berisiko untuk navigasi.

Komando Pusat AS via X mengatakan Kapal Gibraltar Eagle, yang berlayar di bawah bendera Kepulauan Marshall, diserang sekitar pukul 4 sore waktu setempat di Teluk Aden. Tidak ada yang terluka, kapal terhindar dari kerusakan signifikan dan melanjutkan perjalanannya.

Serangan tersebut menggarisbawahi peringatan dari AS, yang dilaporkan oleh kelompok perdagangan industri terkemuka, bahwa kapal-kapal harus menjauhi Laut Merah. Departemen Perhubungan juga mengeluarkan peringatan kepada kapal dagang AS pada Senin, meminta mereka menghindari daerah tersebut sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Pasukan AS dan Inggris membombardir target di Yaman selama beberapa hari terakhir setelah serangkaian serangan terhadap kapal komersial oleh Houthi, yang telah menargetkan kapal yang memiliki hubungan apa pun dengan Israel. Houthi mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dan Yahya Saree, juru bicara angkatan bersenjata Houthi, mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan di televisi bahwa mereka akan menargetkan kapal dan kapal perang AS dan Inggris. Serangan akan terus berlanjut selama Israel melanjutkan serangannya di Gaza, katanya.