Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Turun Dipicu Cuaca Ekstrem AS yang Ganggu Produksi

News
16 January 2024 06:20

Tanker minyak./dok. Bloomberg
Tanker minyak./dok. Bloomberg

Alex Longley dan Robert Tuttle - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak mentah sedikit turun karena ketidakstabilan di Laut Merah dan cuaca dingin di AS yang mengganggu produksi.

West Texas Intermediate (WTI) sempat turun 2% sebelum memangkas sebagian besar kerugian. Saham Eropa merosot karena pasar mengamati petunjuk tentang suku bunga menjelang serangkaian pidato oleh para pembuat kebijakan di World Economic Forum di Davos minggu ini. Di Amerika Utara, cuaca dingin yang ekstrem mengurangi produksi minyak di beberapa daerah. Pasar saham AS tutup untuk hari libur.

Pada hari Senin, sebuah kelompok perdagangan penting mengatakan telah diberitahu oleh Angkatan Laut AS bahwa pengiriman di Laut Merah masih terlalu berisiko. Mereka menyarankan kapal dagang untuk menghindari rute tersebut. Houthi menyerang kapal komersial milik AS dengan rudal balistik anti-kapal pada hari Senin.

Suhu -8 derajat celcius di Dakota utara, rumah bagi formasi serpih Bakken, mengurangi produksi minyak hingga 425.000 barel per hari. Cuaca dingin yang ekstrem juga melanda wilayah pasir minyak Alberta, di mana cuaca dingin sebelumnya telah mengakibatkan penghentian produksi.