Logo Bloomberg Technoz

Asosiasi Film Amerika Berikan Penghargaan Khusus ke Lee Sun-kyun

Dinda Decembria
15 January 2024 16:35

Lee Sun-kyun, bintang film Parasite. (Sumber: Instagram agensi HODU&U Entertainment)
Lee Sun-kyun, bintang film Parasite. (Sumber: Instagram agensi HODU&U Entertainment)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Austin Film Critics Asssociation (AFCA) memberikan penghargaan khusus kepada aktor Korea Selatan, Lee Sun-kyun. Penghargaan ini menjadi apresiasi terhadap aktor yang meninggal bunuh diri pada 27 Desember lalu.

Salah satu asosiasi film Amerika Serikat tersebut, pada laman resminya, mengumumkan nama Lee bersama dengan pemenang sejumlah kategori AFCA 2023. Penghargaan ini kerap menjadi salah satu pijakan bagi komunitas film untuk melihat pemenang Academy Awards mendatang.

Pemenang kategori Best Film AFCA diberikan pada Killers of the Flower Moon; Christopher Nolan mendapat penghargaan Best Director atas film Oppenheimer; Cilian Murphy sebagai Best Actor dalam film Oppenheimer; dan Lily Gladstone sebagai Best Actrees.

Berkaitan dengan Lee, AFCA memberikan penghargaan pada tiga film yang dibintangi aktor Korea Selatan yang berkiprah sejak 2001 tersebut. 

"Special award: In memoriam of the life and works of Lee Sun-kyun," Parasite, sleep, Project Silence," dalam laman resmi web austinfilmcritics