Logo Bloomberg Technoz

Konsumsi Makanan Asin Bisa Picu Penyakit Ginjal Kronis

Dinda Decembria
15 January 2024 16:25

Ilustrasi ginjal. (Photo By chormail via Envato)
Ilustrasi ginjal. (Photo By chormail via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dokter spesialis penyakit dalam serta konsultan ginjal dan hipertensi, Dokter Pringgodigdo Nugroho mengatakan, ada korelasi antara tingkat konsumsi garam dengan penyakit ginjal kronis. Dia mengklaim hal ini cukup sering terjadi meski makanan asin bukan penyebab utama kerusakan pada organ ginjal.

"Sebagai faktor risiko menimbulkan penyakit tersebut karena menyebabkan tensi darah tidak terkendali alias hipertensi," kata Pringgodigdo di Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Menurut dia, kandungan garam yang tinggi akan menarik air atau cairan pada pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan tekanan darah meningkat atau mengalami hipertensi. Tekanan darah tersebut kemudian kerap memicu kerusakan pada ginjal.

Bahkan, kata Pringgodigdo, hipertensi menjadi penyebab penyakit ginjal kronis terbanyak kedua; selain Diabetes tipe 2. Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar 2018, jumlah pasien penyakit ginjal kronis mencapai 700 ribu orang. Sebanyak 34% di antaranya juga mengidap hipertensi.

"Umur di atas 15 tahun ke atas usia dewasa," ujar dia.