Logo Bloomberg Technoz

Kronologis Menhan Israel & Netanyahu Cekcok Saat Rapat Perang

Redaksi
15 January 2024 15:55

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Yerusalem, Israel, Rabu (11/1/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Yerusalem, Israel, Rabu (11/1/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Yoav Gallant terlibat cekcok dengan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu hingga walkout (keluar) dari rapat kabinet perang yang membahas perang melawan Hamas. 

Mengutip The Times of Israel, Senin (15/1/2024), insiden itu terjadi pada Sabtu (13/1/2024) malam waktu setempat saat rapat kabinet perang berlangsung. Setelah berdebat dengan Netanyahu, Gallant tiba-tiba keluar dari ruangan tempat rapat kabinet perang Israel berlangsung.

Media lokal Israel melaporkan bahwa ada perdebatan tentang kehadiran penasihat atau ajudan dalam rapat tertutup itu, menurut sumber yang hadir.

Semua bermula ketika Yoav Gallant tiba di lokasi rapat, pangkalan militer Kirya di Tel Aviv, dan diberitahu oleh sejumlah pejabat dari Kantor PM Israel bahwa kepala staf pertahanan Shachar Katz dilarang masuk karena para ajudan dan penasihat tidak diizinkan hadir dalam rapat.

Tentara Israel (Sumber: Bloomberg)

Namun, laporan TV Channel 13 menyatakan bahwa Netanyahu ternyata membawa lima asistennya. TV lokal Israel tersebut diberitahu oleh sumber yang tidak disebut namanya bahwa para peserta rapat sebenarnya telah diberitahu sebelumnya bahwa penasihat dan ajudan tidak akan diizinkan masuk.