Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Suruh Nadiem Naikkan Dana Riset agar Diikuti Presiden Baru

Pramesti Regita Cindy
15 January 2024 13:55

Presiden Joko Widodo. (Dok: Bloomberg)
Presiden Joko Widodo. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan perlunya peningkatan dana riset khususnya di perguruan tinggi. Oleh karena itu kata Jokowi, anggaran riset harus besar pada tahun ini agar diikuti oleh presiden berikutnya yang akan terpilih pada Pemilu 2024. Hal itu dia sampaikan kepada Mendikbud Nadiem Makarim.

"Yang paling penting kuncinya ada di perguruan tinggi bukan di BRIN tapi di perguruan tinggi peran untuk research dan development harus diperkuat itu yang harus kita geser. Orkestratornya boleh BRIN tapi research and development-nya harus diperkuat. Artinya pak Nadiem anggarannya diperbesar," kata Presiden Jokowi di Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia, 15 Jan 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Senin (15/1/2024).

Dia mengatakan, Vietnam adalah salah satu contoh negara yang merealisasikan bahwa antara universitas dan industri tersebut tersambung desain besarnya. Oleh karena itu kebijakan pemerintah sejalan dengan universitas dan industri. 

Diketahui Jokowi memang baru kembali dari kunjungannya ke tiga negara ASEAN termasuk Vietnam.

"Enggak apa-apa dimulai tahun ini nanti kan sudah ganti presiden. Tapi dimulai dulu yang gede (anggaran) jadi presiden yang akan datang mau tidak mau lanjutikan entah itu (nomor urut) 1,2 entah itu 3," kata dia lagi, dikutip dari kanal Sekretariat Presiden.