Logo Bloomberg Technoz

Rangkuman Survei Terbaru Capres: Anies-Imin Salip Ganjar-Mahfud

Pramesti Regita Cindy
10 January 2024 10:50

Cover-Cek-Fakta-Debat-Capres-Cawapres-Perdana-polos
Cover-Cek-Fakta-Debat-Capres-Cawapres-Perdana-polos

Bloomberg Technoz, Jakarta - Debat keempat peserta pemilu akan dilakukan pada Minggu (21/1/2024). Dalam bulan ini hingga pekan kedua, lembaga survei masih terus melakukan jajak pendapatnya atas elektabilitas capres dan cawapres yang bertarung dalam Pemilu 2024.

Sebelumnya debat ketiga telah dilangsungkan pada Minggu (7/1/2024) di gedung Istora Senayan, Jakarta, dengan mempertemukan para capres. Sementara pada debat keempat, kali ini ini para cawapres yang akan beradu gagasan serta pemikirannya dengan tema "Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa".

Cawapres tersebut adalah Abdul Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Muhammad Mahfud MD. 

Sementara berdasarkan sejumlah survei terbaru, pasangan calon capres-cawapres belum sampai mencatatkan elektabilitas hingga menembus 50%. Meski pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran kerap kali unggul di berbagai survei, tetapi hal tersebut belum bisa memenuhi ambisinya yakni menang Pemilu satu putaran. 

1. Indonesia Political Opinion (IPO)
Survei Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil jajak pendapatnya terhadap elektabilitas ketiga pasangan calon, Rabu (10/1/2024).