Logo Bloomberg Technoz

Jalur Sudah Berfungsi Normal usai KA Pandalungan Anjlok

Dovana Hasiana
15 January 2024 09:30

Penumpang kereta api tiba saat arus balik mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (25/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Penumpang kereta api tiba saat arus balik mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (25/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Proses evakuasi sarana lokomotif dan kereta KA Pandalungan yang mengalami anjlokan telah selesai dilakukan pada Senin (15/1/2024) dini hari.

KA pertama yang melintasi jalur tersebut yaitu KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang - Semarang Tawang Bank Jateng pada pukul 03.11 WIB. Untuk sementara waktu, kecepatan dibatasi maksimal 20 km/jam pada lokasi tersebut. 

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus memastikan bahwa proses evakuasi berjalan lancar dan terkendali. Adapun seluruh penumpang maupun petugas (crew) KA Pandalungan dalam kondisi selamat dan tidak ada yang terluka.

“KAI akan terus melakukan upaya normalisasi jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin sehingga dapat kembali dilalui dengan kecepatan normal,” ujar Joni dalam siaran pers, Senin (15/1/2024). 

Joni menyebutkan, pada saat terjadi anjlokan kemarin, KAI bertindak cepat dengan meneruskan perjalanan penumpang ke stasiun tujuan dengan moda transportasi lanjutan lainnya. Para penumpang yang terdampak, kata Joni, telah dilakukan proses peralihan transportasi dengan menggunakan bus yang disediakan di Stasiun Bangil dan Sidoarjo.