Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Turun Pagi Ini Usai Akhir Pekan Lalu Naik Tinggi

Hidayat Setiaji
15 January 2024 07:25

Tumupakan emas batangan. (dok Bloomberg)
Tumupakan emas batangan. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas turun tipis pada perdagangan pagi hari ini. Koreksi yang terjadi usai harga sang logam mulia melesat akhir pekan lalu.

Pada Senin (15/1/2024) pukul 07:04 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 2.046,64/ons. Turun 0,1% dibandingkan penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Pada Jumat (12/1/2024), harga emas ditutup melonjak 1,02% ke US$ 2.048,72/ons. Ini adalah harga tertinggi sejak 2 Januari dan menjadi penguatan harian terbaik sejak 13 Desember.

Lonjakan harga emas pada perdagangan akhir pekan lalu disebabkan oleh eskalasi konflik di Timur Tengah. Amerika Serikat (AS) dan Inggris sepakat untuk menggempur kelompok Houthi di Yaman dengan serangan udara. Ini dilakukan karena Houthi bergantung jawab terhadap serangkaian serangan di Laut Merah.

Iran, yang disebut-sebut berada di belakang Houthi, mengecam aksi AS dan Inggris tersebut. Menurut Teheran, apa yang dilakukan AS dan Inggris justru membuat kawasan Timur Tengah menjadi kian tidak akan dan labil.