Logo Bloomberg Technoz

Gunung Berapi Islandia Erupsi Lagi, Lava Hancurkan Rumah Warga

News
15 January 2024 05:30

Erupsi dekat Litli Hrutur, Islandia 10 Juli (Jeremie Richard/AFP/Getty Images/Bloomberg)
Erupsi dekat Litli Hrutur, Islandia 10 Juli (Jeremie Richard/AFP/Getty Images/Bloomberg)

Ragnhildur Sigurdardottir - Bloomberg News

Bloomberg, Erupsi gunung berapi di Islandia baru-baru ini untuk pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun menghancurkan rumah-rumah. Aliran lava mencapai tepi sebuah kota nelayan, membakar rumah-rumah.

Menurut siaran langsung dari lembaga penyiaran publik RUV, setidaknya dua bangunan di Grindavik terbakar pada Minggu sore, setelah retakan yang memuntahkan lava muncul di tanah pada hari itu. Ventilasi lava berada di semenanjung Reykjanes dekat dengan tempat terjadinya letusan selama tiga hari pada bulan Desember, sekitar 40 kilometer dari ibu kota negara.

Meskipun Islandia sudah terbiasa dengan letusan gunung berapi, penduduk belum pernah mengalami peristiwa yang mengancam wilayah pemukiman dalam skala seperti itu sejak 1973. Kala itu sebagian kota berpenduduk sekitar 5.000 orang terkubur di bawah lava di Kepulauan Westman, di lepas pantai selatan negara itu.

Meskipun infrastruktur di Grindavik mengalami kerusakan, Hjordis Gudmundsdottir dari Departemen Perlindungan Sipil dan Manajemen Darurat Islandia mengatakan kota itu dikosongkan pada hari Minggu sebelum terjadi letusan dari semua penduduk yang telah pindah kembali sejak evakuasi sebelumnya pada bulan November.