Logo Bloomberg Technoz

Kata Dokter Soal Suntik Vitamin C Berlebihan Sebabkan Autoimun

Dinda Decembria
12 January 2024 17:50

Ilustrasi Vitamin C. (Envato/ jirkaejc)
Ilustrasi Vitamin C. (Envato/ jirkaejc)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Artis Cita Citata mengklaim terkena autoimun akibat suntik putih dan suntik vitamin C. Lalu apa penjelasan dokter soal itu?

Dokter spesialis kulit, dr Dharma mengatakan penyebab autoimun karena suntik putih atau suntik vitamin C belum tentu dipastikan lantaran belum ada bukti penelitiannya.

"Kalau secara referensi sebenarnya tidak ada hubungan langsung secara pasti menyebabkan autoimun," kata dokter Dharma saat dihubungi Bloomberg Technoz, Jumat (12/1/2024). 

Pada dasarnya penyakit autoimun kata dr Dharma bisa saja memang turun-menurun atau genetik dari keluarga. Namun, tak dipungkiri menurut dr Dharma memang kini banyak kandungan whitening pada suntik putih yang ilegal.

"Bahwa perlu diperhatikan juga bahan yang digunakan pada whitening karena sekarang ini sebagian besar itu produknya yang ilegal  artinya tidak jelas kandungannya jadi banyak yang berat-berat. Kalau hanya vitamin C biasa saja berarti artinya kandungannya mungkin seperti itu banyak ilegal juga,"jelasnya